Webinar menyambut 100 tahun Legio Maria Senatus Sinar Bunda Karmel Malang

Komisium Pohon Sukacita ditugaskan oleh Regia Ratu Para Rasul Semarang untuk menjadi penanggung jawab pelaksanaan Webinar ketiga menyambut 100 tahun Legio Maria yang diadakan Senatus Sinar Bunda Karmel Malang dengan tema “Aku Ini Hamba Tuhan Terjadilah Padaku Menurut PerkataanMU” diadakan pada Minggu 13 Juni 2021 pukul 16.00-18.30 WIB. Webinar dihadiri sekitar 52 orang melalui zoom dan 55 orang melalui youtube.

Webinar dapat berlangsung atas ijin yang diberikan oleh pimpinan Suster CB Indonesia Sr. Yustiana Wiwiek Iswanti CB yang memperkenankan account zoom dan youtube Suster CB Indonesia dipinjam untuk kegiatan webinar Legio Maria.

Narasumber yang hadir menjadi pemateri adalah Rm. Yohanes Dwi Harsanto Pr, Vikep Kategorial Keuskupan Agung Semarang dan Rm. Bernardus Rukmono OMI, Magister Novis, Novisiat OMI dan saat ini menjadi anggota dewan provinsial Provinsi OMI Indonesia.

Webinar diawali dengan doa pembukaan oleh pemimpin rohani Komisium Pohon Sukaciat Yogayakarta, Rm Vincentius Suparman Pr dilanjutkan dengan pengantar oleh Sdri, Sri Sulistyani, wakil ketua Komisium Pohon Sukacita Yogayakarta.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh masing-masing narasumber yang dimoderatori oleh Sdri. Ivonda Seran, ketua Presidium Bunda Maria Penolong Abadi Sanata Dharma. Satu-satunya presidium kaum muda di Komisium Pohon Sukacita Yogyakarta.

Rm. Yohanes Dwi Harsanto Pr yang akrab dipanggil Rm Santo memaparkan sebagai Legioner meneladan Bunda Maria berarti taat melaksanakan tugas pelayanan dari presidium, mengikuti bimbingan hirarki/pemimpin rohani. Ketaatan merupakan daya tarik orang yang menghamba pada Tuhan. Bagaimana menumbuhkan ketertarikan generasi muda pada ketaatan pada Allah sebagai hamba-hamba Tuhan?

Menurut Rm Rukmono OMI, Maria menjadi Bunda Kristus merupakan penggilan dari Allah sendiri. Menjadi seorang Legioner pun merupakan panggilan dari Tuhan. Panggilan menjadi Legioner adalah panggilan yang khas, tidak semua orang dipanggil menjadi Legioner. Kita perlu bersyukur atas panggilan mulia menjadi seorang Legioner ini. Seperti halnya Maria yang mensyukuri rahmat panggilannya sebagai Bunda Kristus. Satu hal yang sangat penting bagi seorang Legioner adalah relasinya dengan Tuhan. seperti Maria mempunyai relasi yang begitu erat sejak Maria masih kanak-kanak. Hanya mempunyai relasi dengan Tuhan maka kita dapat mengetahui apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup kita.

Webinar ditutup dengan doa penutup oleh Rm. Y. Dwi Harsanto Pr, dilanjutkan dengan pemutaran Mars dan Hymne Legio Maria diikuti oleh Sekilas Suster CB Indonesia.

Selamat menyambut perayaan 100 tahun Legio Maria. Ave Maria. Maria Ave.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *