KONFERENSI REGIONAL III LEGIO MARIA KAUM MUDA REGIA MARIA DIANGKAT KE SURGA KUPANG DI LA’AT MANEKAN SVD NOEMETO – TTU, 16-18 DESEMBER 2018

Kegiatan Konferensi Regional III Legio Maria Kaum Muda Regia Maria Diangkat Ke Surga Kupang dilaksanakan sesuai Program Kerja Regia Kupang Tahun 2018 dan sebagai tindak lanjut dari kegiatan Konferensi Nasional Kaum Muda lV yang diselenggarakan oleh Senatus Sinar Bunda Karmel Malang pada tanggal 26-28 Oktober 2018 di Wisma Duta Wacana dan Melcosh Sanjaya Edu Park Kaliurang Daerah Istimewa Yogyakarta.

Konferensi Regional Legio Maria Kaum Muda Regia Kupang dilaksanakan di La’at Manekan SVD Noemeto – Timor Tengah Utara (TTU) ini adalah merupakan Konferensi yang diselenggarakan oleh Regia Kupang untuk ketiga kalinya yang dilaksanakan setiap 3 tahun sekali. Konferensi I dilaksanakan di Biara Susteran SSpS Bello – Kupang pada tanggal 29-30 Oktober 2012 yang dihadiri oleh Sdr. A.Y. Surono sebagai Ketua Dewan Senatus Sinar Bunda Karmel Malang saat itu yang dihadiri anak muda sebanyak 60 peserta, pada Konferensi II dilaksanakan pada tanggal 18-20 Desember 2015 di Wisma Oemathonis Susteran CB Camplong karena pesertanya sedikit yaitu 25 orang anak muda dan 7 orang pendamping, sehingga pemateri hanya para Pastor Pemimpin Rohani yang aktif mendampingi Presidium-Presidium Yunior. Kali ini saat Konferensi III yang dilaksanakan pada tanggal 16-18 Desember 2018, jumlah pesertanya sangat banyak yaitu sebanyak 829 orang kaum muda asuhan Regia Kupang. Perwira Dewan Senatus Malang yang hadir yaitu Ketua Senatus Malang Sdri. Hotmaida Sidauruk.

Konferensi Kaum Muda ini sebagai sarana pemersatu bagi legioner muda karena legioner muda dipanggil untuk menjadi rasul Bunda Maria serta legioner muda sebagai generasi penerus masa depan Gereja dipanggil untuk mengemban tugas perutusan, mengambil bagian dalam tugas perutusan dan siap menerima segala tantangan dan cobaan serta mewartakan Injil di tengah umat, keluarga dan masyarakat dengan penuh sukacita. Tujuan diselenggarakan Konferensi ini selain memotivasi anak muda juga untuk mempertemukan dan mempersatukan seluruh legioner kaum muda pada wilayah kerja Regia Kupang. Dengan harapan kaum muda dapat bertukar pengalaman dalam merasul dan memiliki semangat yang berkobar-kobar untuk meluaskan Kerajaan Allah melalui pelayanan yang penuh kasih kepada sesama. Selain itu diharapkan juga dapat menghidupkan kebersamaan antar legioner kaum muda di masing-masing Kuria maupun Presidium sehingga dapat tercapai apa yang menjadi tujuan utama Legio Maria.

Tema Konferensi Regional Kaum Muda kali ini adalah : “MEWARTAKAN KABAR SUKACITA INJIL BAGI LEGIONER MUDA”. Para Legioner diajak untuk mengikut penyajian materi dengan kegiatan seminar, mengikuti outbond di sekitar biara SVD tersebut dan malam keakraban dengan menampilkan kesenian daerah masing-masing baik tarian maupun lagu serta melakukan ekskursi ke perbatasan Oekusi-Timor Leste. Keunikan dari seluruh rangkaian acara Konferensi tersebut adalah konsumsi disiapkan oleh saudara-saudari Legioner Senior dari Kuria-Kuria baik dari dalam kota maupun dari luar kota Kefamenanu asuhan dari Komisium Perawan yang Amat Bijaksana dan Komisium Maria Pengantara Segala Rahmat yang menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Konferensi Kaum Muda yang secara bergiliran memasak di dapur biara tersebut. Salut dan kompak habis…

Adapun rangkaian acara Konferensi Regional III Legio Maria Kaum Muda sebagai berikut :

 

Hari I, 16 Desember 2018 :

Para peserta tiba di tempat kegiatan sejak jam 12.00-16.00 Wita diterima oleh panitia lokal. Khusus untuk Ketua Senatus Malang, Pemimpin Rohani dan perwira Regia Kupang, mengikuti prosesi penyambutan tamu secara adat Timor yang disebut Takanab yang disampaikan oleh salah seorang Legioner muda dari Kuria asuhan Komisium Maria Pengantara Segala Rahmat Kefamenanu. Setelah prosesi penyambutan Ketua Senatus dan perwira Regia Kupang dilanjutkan dengan arak-arakan menuju La’at Manekan SVD Noemeto yang jaraknya sekitar 200 m dengan tarian adat dan pengalungan selendang kepada Sdri. Hotmaida Sidauruk dan para pastor Pemimpin Rohani serta perwira Regia Kupang. Setelah itu para perwira dan Pemimpin Rohani menuju penginapan masing-masing untuk mempersiapkan diri mengikuti Misa Pembukaan Konferensi. Misa Konselebrantes dengan Selebran utama RP. John Lewar, SVD. Setelah misa dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Panitia, Ketua Regia, Pemimpin Rohani dan terakhir oleh Ketua Senatus yang membuka secara resmi kegiatan Konferensi Regional III tersebut.  Selanjutnya acara makan malam bersama dan dilanjutkan dengan penyajian materi I oleh sdri. Hotmaida Sidauruk dengan judul Sukacita Legioner Kaum Muda. Setelah penyajian materi dilanjutkan doa malam dan istirahat.

 

Hari II, 17 Desember 2018 Seminar Sehari

Materi II         :  Injil dan Legioner Kaum Muda oleh RD. Yohanes Kartiba

Materi III       :  Anak Muda Jaman Now oleh RD. Djanuarius Mau Kura

Materi IV       :  Panggilan sebagai Legioner melalui Spiritualitas Legio Maria oleh RP. John

Lewar, SVD

Setelah penyajian materi dari para Pastor selesai dilanjutkan dengan Malam Keakraban dimana para peserta dari presidium-presidium Yunior mengisi acara dengan lagu dan tarian yang meriah. Selesai acara malam keakraban dilanjutkan dengan doa malam dan istirahat.

 

Hari III, 18 Desember 2018 :

Konferensi Regional III Legio Maria Kaum Muda Regia Kupang menghasilkan rekomendasi sebagai berikut :

  1. Legioner muda supaya tetap mewartakan kabar sukacita Injil bagi kaum muda dimana saja berada
  2. Diharapkan di setiap Paroki memiliki beberapa Presidium Yunior dan Kuria Yunior
  3. Konferensi Regional IV Legio Maria Kaum Muda tahun 2021 akan dilaksanakan di Kabupaten Belu, dipercayakan kepada Komisium Virgo Virginum Nela dan Komisium Ratu Para Bangsa Tukuneno

 

Setelah pembacaan rekomendasi dilanjutkan dengan penyampaian profil Legio Maria oleh Ketua Senatus Malang dan diakhiri dengan Misa perutusan secara Konselebrantes oleh 4 (empat) Pastor dengan selebran utama RP. John Lewar, SVD pada jam 09.00 Wita dilanjutkan dengan ekskursi dengan melakukan perjalanan ke daerah perbatasan Oekusi – Timor Leste dengan waktu tempuh 1,5 jam. Tiba di Pantai Wini santap siang bersama, setelah itu ke perbatasan Oekusi Timor Leste. Betapa menyenangkan bersama anak muda. Begitu cerianya mereka menikmati indahnya panorama Pantai Wini dan pintu gerbang Oekusi. Ave Maria ……. Maria Ave.  (ma’ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *