ACIES LEGIO MARIA KURIA MARIA ANGELORUM MALANG

Legioner yang tergabung pada Kuria Maria Angelorum Malang telah melaksanakan Acies pada hari Rabu, 1 Mei 2019. Acies di adakan bersamaan dengan perayaan ekaristi yang di pimpin oleh selebran utama RD Emanuel Wahyu Widodo dan konselebran RP Rikardus Salu, SMM serta RP Hyasintus Purnomo, O.Carm.Acara berlangsung dengan khidmat di gereja Katolik Paroki Maria diangkat Ke Surga, Malang dan di ikuti sekitar 200 legioner. Setelah misa selesai di lanjutkan dengan ramah tamah dan hiburan dari legioner, untuk legione di aula  luar. 

Acies Dewan Regia Ratu Para Rasul, Semarang

Minggu 31 Maret 2019 telah dirayakan Misa Acies yang dipimpin oleh Mgr.Robertus Rubiyatmoko , didampingi oleh 2 romo paroki dan 2 romo pemimpin rohani. Dimulai pkl. 10.30, Misa Acies berlangsung dengan lancar dan kihmat, diikuti oleh kurang lebih 250 Legioner aktif dan auxilier, yang terdiri dari 17 presidium. Tepat Pkl. 13.00 Misa selesai dan dilanjutkan dengan foto bersama Bapa Uskup per pesidium dan Ramah tamah.
Demikian sekilas acara Misa Acies yang dapat kami laporkan.
Terimakasih, Ave Maria

💐

Aloysius gunadi

Komisium Maria Pengantara Segala Rahmat Paroki St Theresia Kefamenanu mengadakan ACIES

   Berkat bimbingan Tuhan dan Bunda Maria Panglima kita para legioner berkumpul sebagai bala tentara yang siap sedia bertempur.Seorang Legioner siap bertempur melawan berbagai bentuk kejahatan  yang ada dan siap untuk memperbaharui janji kepada Bunda Panglima Maria Ratu Legio, dan untuk menimba kekuatan dan berkat dari Maria sebagai bekal untuk pertempuran selama setahun mendatang.Demikian lantunan kata-kata  pembuka sekertaris II komisium untuk mengawali kegiatan Acies sabtu 23 Maret 2019 lalu di Gereja St Theresia Kefamenanu.

     Kegiatan ini diawali dengan ceramah yang di bawakan oleh Perwira senior Angela Ruing.Dikatakan bahwa  sebagai seorang prajurit  Maria harus mengambil contoh dan teladan Panglima kita Bunda Maria, yaitu bersedia menerima kehendak Allah Bapa untuk menyelamatkan umat manusia “ Sesungguhnya Aku ini adalah hamba Tuhan jadilah padaku menurut perkataanmu itu” (Lukas 1.38).Bunda Maria pasrah dengan kehendak Allah, dan Maria siap melaksanakannya  sejak melahirkan dan mendampingi Putranya hingga wafat disalib.Selanjutnya disampaikan pula oleh Angela, sebagai seorang legioner wajib pula  melaksanakan pesan Kristus “Pergilah dan wartakanlah”. Sebagai seorang saksi Kristus hidup dalam kasih dan rukun selalu.

     Acara ucap janji ini dilaksankan pula dalam perayaan ekaristi kudus yang dipimpin oleh pembimbing rohani komisium Rm Djanu Mau Kura,Pr. Dengan didasari oleh bacaan suci dari nubuat Mikha 7:14-15,18-20 dan injil Lukas 15:1-3-11-32 disampaikan bahwa menjadi legioner dizaman ini sangat sulit karena dihadapi dengan berbagai macam tantangan.

Oleh karena itu kita yang bersedia memperbaharui diri dengan mengucapkan janji “AKU ADALAH MILIKMU,YA RATU DAN BUNDAKU DAN SEGALA MILIKKU ADALAH KEPUNYAANMU” adalah orang-orang terpilih. Namun kita harus terus belajar dengan mencotohi teladan Bunda agar tidak hilang sebagaimana yang dibahasakan dalam kitab suci.Dalam penutup homili disampaikan bahwa Jadilah putra – putri Maria yang rendah hati, dan terus berjalan bila berada dalam kebenaran.

     Kegiatan acies ini diikuti oleh seluruh anggota presidium tergabung dalam komisium,Kuria Berduka Cita,Kuria Bunda Allah  Paroki Tunbaba,dan semua presidium dari paroki Maubesi.

Kegiatan ini diakhiri dengan santap siang bersama dan sayonara.(yakobus nggorong, sekr II komisium). “

Download Here

ACIES KURIA MARIA MENERIMA KABAR GEMBIRA MADURA

Kuria Maria Menerima Kabar Gembira Madura, Kamis,  7 Maret 2019 Mengadakan acara Kongres Legio untuk pertama kalinya. Dalam kongres materi diisi oleh RD. F. B.  Deddy Sulistya N,  selaku pemimpin rohani. Seusai kongres dilanjutkan dengan Misa Acies yg dipersembahkan oleh Rm. Deddy dari Pamekasan bersama Rm.  Pudji dari Paroki Sumenep.

ACIES LEGIO MARIA SENATUS SINAR BUNDA KARMEL MALANG

Senatus Sinar Bunda Karmel Malang telah menyelenggarakan Acies di dalam misa kudus.Acara di laksanakan pada tanggal 7 Maret 2019 bertempat di paroki Maria Tak Bernoda Kepanjen, Malang. Misa di persembahkan oleh RP Yoseph Utus, O.Carm dan RP Andreas Era,O.Carm. Peserta adalah legioner dari beberapa presidium yang tergabung langsung ke Senatus Malang. Setelah pembaharuan janji dan misa selesai, di lanjutkan dengan ramah tamah dan saling menyapa antar legioner. ( Wiwik )

KONFERENSI REGIONAL III LEGIO MARIA KAUM MUDA REGIA MARIA DIANGKAT KE SURGA KUPANG DI LA’AT MANEKAN SVD NOEMETO – TTU, 16-18 DESEMBER 2018

Kegiatan Konferensi Regional III Legio Maria Kaum Muda Regia Maria Diangkat Ke Surga Kupang dilaksanakan sesuai Program Kerja Regia Kupang Tahun 2018 dan sebagai tindak lanjut dari kegiatan Konferensi Nasional Kaum Muda lV yang diselenggarakan oleh Senatus Sinar Bunda Karmel Malang pada tanggal 26-28 Oktober 2018 di Wisma Duta Wacana dan Melcosh Sanjaya Edu Park Kaliurang Daerah Istimewa Yogyakarta.

Konferensi Regional Legio Maria Kaum Muda Regia Kupang dilaksanakan di La’at Manekan SVD Noemeto – Timor Tengah Utara (TTU) ini adalah merupakan Konferensi yang diselenggarakan oleh Regia Kupang untuk ketiga kalinya yang dilaksanakan setiap 3 tahun sekali. Konferensi I dilaksanakan di Biara Susteran SSpS Bello – Kupang pada tanggal 29-30 Oktober 2012 yang dihadiri oleh Sdr. A.Y. Surono sebagai Ketua Dewan Senatus Sinar Bunda Karmel Malang saat itu yang dihadiri anak muda sebanyak 60 peserta, pada Konferensi II dilaksanakan pada tanggal 18-20 Desember 2015 di Wisma Oemathonis Susteran CB Camplong karena pesertanya sedikit yaitu 25 orang anak muda dan 7 orang pendamping, sehingga pemateri hanya para Pastor Pemimpin Rohani yang aktif mendampingi Presidium-Presidium Yunior. Kali ini saat Konferensi III yang dilaksanakan pada tanggal 16-18 Desember 2018, jumlah pesertanya sangat banyak yaitu sebanyak 829 orang kaum muda asuhan Regia Kupang. Perwira Dewan Senatus Malang yang hadir yaitu Ketua Senatus Malang Sdri. Hotmaida Sidauruk.

Konferensi Kaum Muda ini sebagai sarana pemersatu bagi legioner muda karena legioner muda dipanggil untuk menjadi rasul Bunda Maria serta legioner muda sebagai generasi penerus masa depan Gereja dipanggil untuk mengemban tugas perutusan, mengambil bagian dalam tugas perutusan dan siap menerima segala tantangan dan cobaan serta mewartakan Injil di tengah umat, keluarga dan masyarakat dengan penuh sukacita. Tujuan diselenggarakan Konferensi ini selain memotivasi anak muda juga untuk mempertemukan dan mempersatukan seluruh legioner kaum muda pada wilayah kerja Regia Kupang. Dengan harapan kaum muda dapat bertukar pengalaman dalam merasul dan memiliki semangat yang berkobar-kobar untuk meluaskan Kerajaan Allah melalui pelayanan yang penuh kasih kepada sesama. Selain itu diharapkan juga dapat menghidupkan kebersamaan antar legioner kaum muda di masing-masing Kuria maupun Presidium sehingga dapat tercapai apa yang menjadi tujuan utama Legio Maria.

Tema Konferensi Regional Kaum Muda kali ini adalah : “MEWARTAKAN KABAR SUKACITA INJIL BAGI LEGIONER MUDA”. Para Legioner diajak untuk mengikut penyajian materi dengan kegiatan seminar, mengikuti outbond di sekitar biara SVD tersebut dan malam keakraban dengan menampilkan kesenian daerah masing-masing baik tarian maupun lagu serta melakukan ekskursi ke perbatasan Oekusi-Timor Leste. Keunikan dari seluruh rangkaian acara Konferensi tersebut adalah konsumsi disiapkan oleh saudara-saudari Legioner Senior dari Kuria-Kuria baik dari dalam kota maupun dari luar kota Kefamenanu asuhan dari Komisium Perawan yang Amat Bijaksana dan Komisium Maria Pengantara Segala Rahmat yang menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Konferensi Kaum Muda yang secara bergiliran memasak di dapur biara tersebut. Salut dan kompak habis…

Adapun rangkaian acara Konferensi Regional III Legio Maria Kaum Muda sebagai berikut :

 

Hari I, 16 Desember 2018 :

Para peserta tiba di tempat kegiatan sejak jam 12.00-16.00 Wita diterima oleh panitia lokal. Khusus untuk Ketua Senatus Malang, Pemimpin Rohani dan perwira Regia Kupang, mengikuti prosesi penyambutan tamu secara adat Timor yang disebut Takanab yang disampaikan oleh salah seorang Legioner muda dari Kuria asuhan Komisium Maria Pengantara Segala Rahmat Kefamenanu. Setelah prosesi penyambutan Ketua Senatus dan perwira Regia Kupang dilanjutkan dengan arak-arakan menuju La’at Manekan SVD Noemeto yang jaraknya sekitar 200 m dengan tarian adat dan pengalungan selendang kepada Sdri. Hotmaida Sidauruk dan para pastor Pemimpin Rohani serta perwira Regia Kupang. Setelah itu para perwira dan Pemimpin Rohani menuju penginapan masing-masing untuk mempersiapkan diri mengikuti Misa Pembukaan Konferensi. Misa Konselebrantes dengan Selebran utama RP. John Lewar, SVD. Setelah misa dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Panitia, Ketua Regia, Pemimpin Rohani dan terakhir oleh Ketua Senatus yang membuka secara resmi kegiatan Konferensi Regional III tersebut.  Selanjutnya acara makan malam bersama dan dilanjutkan dengan penyajian materi I oleh sdri. Hotmaida Sidauruk dengan judul Sukacita Legioner Kaum Muda. Setelah penyajian materi dilanjutkan doa malam dan istirahat.

 

Hari II, 17 Desember 2018 Seminar Sehari

Materi II         :  Injil dan Legioner Kaum Muda oleh RD. Yohanes Kartiba

Materi III       :  Anak Muda Jaman Now oleh RD. Djanuarius Mau Kura

Materi IV       :  Panggilan sebagai Legioner melalui Spiritualitas Legio Maria oleh RP. John

Lewar, SVD

Setelah penyajian materi dari para Pastor selesai dilanjutkan dengan Malam Keakraban dimana para peserta dari presidium-presidium Yunior mengisi acara dengan lagu dan tarian yang meriah. Selesai acara malam keakraban dilanjutkan dengan doa malam dan istirahat.

 

Hari III, 18 Desember 2018 :

Konferensi Regional III Legio Maria Kaum Muda Regia Kupang menghasilkan rekomendasi sebagai berikut :

  1. Legioner muda supaya tetap mewartakan kabar sukacita Injil bagi kaum muda dimana saja berada
  2. Diharapkan di setiap Paroki memiliki beberapa Presidium Yunior dan Kuria Yunior
  3. Konferensi Regional IV Legio Maria Kaum Muda tahun 2021 akan dilaksanakan di Kabupaten Belu, dipercayakan kepada Komisium Virgo Virginum Nela dan Komisium Ratu Para Bangsa Tukuneno

 

Setelah pembacaan rekomendasi dilanjutkan dengan penyampaian profil Legio Maria oleh Ketua Senatus Malang dan diakhiri dengan Misa perutusan secara Konselebrantes oleh 4 (empat) Pastor dengan selebran utama RP. John Lewar, SVD pada jam 09.00 Wita dilanjutkan dengan ekskursi dengan melakukan perjalanan ke daerah perbatasan Oekusi – Timor Leste dengan waktu tempuh 1,5 jam. Tiba di Pantai Wini santap siang bersama, setelah itu ke perbatasan Oekusi Timor Leste. Betapa menyenangkan bersama anak muda. Begitu cerianya mereka menikmati indahnya panorama Pantai Wini dan pintu gerbang Oekusi. Ave Maria ……. Maria Ave.  (ma’ros)

Pertemuan Musyawarah Pastoal Keuskupan Malang 26-27 November 2018

Memenuhi undangan dari Keuskupan Malang mengenai Musyawarah Pastoral Keuskupan Malang, maka Senatus Malang mengutus Sdri Wiwik untuk menghadiri acara tersebut. Muspas di selenggarakan di Graha wacana SVD, Ledug, Prigen, Pasuruan pada tanggal 27- 28 November 2018.
Acara di awali dengan misa pembukaan dengan selebran Utama Mgr.Hendricus Pidyarto Gunawan, O.Carm dengan konselebran RD A. Denny Firmanto dan RD JC Eko Atmono.
Hari pertama Uskup Malang menyampaikan “Oleh-oleh” dari pertemuan para Uskup di KWI, antara lain flash back apa yang menjadi keprihatinan para Uskup tahun lalu dan yang akan menjadi titik berat pada tahun yang akan datang mengingat tahun depan merupakan tahun politik, serta pemilihan kepengurusan KWI, di lanjutkan dengan kegiatan para Uskup.
Hari kedua di lanjutkan dengan pemaparan oleh SC mengenai situasi Keuskupan Malang saat ini.Lalu apa yang sudah di sampaikan tersebut menjadi bahan diskusi peserta Muspas.
Hasil diskusi di presentasikan oleh masing -masing kelompok.
Pada hari ketiga, hasil kerja kelompok di rangkum, lalu masih akan di olah oleh SC, Kuria dan Dewan Pastoral Keuskupan.Jika hasil Muspas yang mencakup Panca Tugas Gereja sudah final, maka akan di jadikan pedoman bagi Keuskupan Malang untuk melangkah 10 tahun mendatang dan bersifat mengikat ke paroki -paroki yang ada di Keuskupan Malang.
Acara di akhiri dengan laporan-laporan dari beberapa Komisi.

Wiwik Murniwati

Konferensi Nasional Ke IV Legio Maria Yunior dan Kaum Muda Senatus Sinar Bunda Karmel Malang

Konferensi bagi legioner yunior dan kaum muda telah terlaksana pada tanggal 26 -28 Oktober 2018 di Wisma Dua Wacana dan Melcosh Sanjaya Edu Park, Kaliurang Daerah Istimewa Yogyakarta. Misa pemukaan di persembahkan dengan selebran utama Vikjen Keuskupan Agung Semarang yaotu RD YR Edy Purwanto beserta dan selebran RD Emanuel Wahyu Widodo, RD Wenceslaus Herin, dan RD Fransiscus Gabriel Aryodiwarno. Menghadirkan 3 Imam sebagai narasumber yaitu RD Emanuel Wahyu Widodo dari Malang, RD Laurensius Dwi Merdi Nugroho dari Paroki St. Maria Fatima Magelang dan RD Hieronymus Rony Suryo Nugroho dari Paroki Maria Assumpta Pakem Yogyakarta. Peserta yang mengikuti terdiri dari 271 legioner yunior dan kaum muda, 45 pendamping, 13 Pemimpin Rohani dan Asisten Pemimpin Rohani dari 19 dewan serta di hadiri pula 2 legioner kaum muda dari Senatus Bejana Rohani Jakarta.

Acara yang berlangsung selama tiga hari ini merupakan  jembatan untuk mempertemukan  seluruh  legioner  kaum muda  yang ada di Indonesia. Dengan harapan legioner  kaum muda  dapat bertukar pengalaman dalam merasul dan memiliki semangat berkobar-kobar untuk meluaskan kerajaan Allah melalui pelayanan yang penuh kasih kepada sesama. Selain  itu juga diharapkan dapat menghidupkan kebersamaan antar legioner  kaum muda di daerah masing-masing sehingga dapat tercapai apa yang menjadi tujuan utama Legio Maria.

 

Konferensi Nasional  kali ini mengambil tema “ Legioner Muda Bersuka Cita Mewartakan Injil Dalam Karya Nyata”. Legioner di ajak mendalami tema dengan kegiatan seminar, outbond dan malam keakraban dengan menampilkan kesenian daerah masing-masing. Sebagai penutup konferensi nasional  di akhiri dengan misa perutusan dengan selebran utama Vikep Keuskupan Agung Semarang RD Budi Wihandono dan selebran para pastor yang hadir dalam konferensi tersebut.

Konfernas kali ini menghasilan rekomendasi sebagai berikut:

 

1.         Meningkatkan hubungan personal dalam karya kerasulan Lego Maria, tidak          hanya melalui sosial media.

2.         Mewartakan kabar sukacita kerasulan Lego Maria di tengah kaum muda    dengan pencarian anggota baru.

3.         Pada konfernas yang akan datang diharapakan ada laporan peningkatan dewan atau presidium yunior serta kaum muda.

4.         Konfernas yang akan datang pada tahun 2021 akan di laksanakan di Bali.

  Sampai jumpa 3 tahun mendatang di Pulau Dewata….Bali.

Ave Maria…Maria Ave.

  

Wiwik.